Jumat, 10 April 2020

Specialized Cloud Mechanism

Pengertian failover

kita akan merancang aplikasi kita untuk selalu online supaya aktivitas bisnis bisa berjalan secara terus-menerus. Di sini kita akan memberikan backup pada semua sub sistem aplikasi kita meliputi aplikasi, server, jaringan listrik, pendingin ruangan dan perangkat-perangkat penting lainnya. Tujuan dari adanya backup dari sub sistem – sub sistem ini adalah untuk mengatasi jika terjadi kegagalan salah satu sub system, maka sub system backup akan menggantikan fungsi yang gagal tersebut.

Saat berpindah dari sub system utama ke backup bisa dijalankan dengan campur tangan manusia dan ini disebut switchover.
Jika perpindahan ini dapat dilakukan secara otomatis oleh system maka disebut failover. 

System yang mempunyai kemampuan failover akan menjamin bahwa aplikasi akan berjalan terus-menerus dan tidak terganggu akan kegagalan salah satu sub system karena ada proses penggantian sub system yang gagal ke sub system backup secara otomatis. Hal inilah yang disebut high availability.



Pengertian Hypervisor

Hypervisor adalah sebuah teknik virtualisasi yang memungkinkan beberapa operating system untuk berjalan bersamaan pada sebuah host. Dikatakan teknik virtualisasi karena OS yang ada bukanlah sebuah OS yang sesungguhnya, hanya sebuah virtual machine saja. Tugas dari hypervisor adalah untuk mengatur setiap operating system tersebut sesuai dengan gilirannya agar tidak mengganggu satu dengan yang lainnya. Terkadang, hypervisor juga disebut sebagai Virtual Machine Management (VMM), sesuai dengan tugasnya dalam mengatur beberapa virtual machine.

Pada setiap jenis komputer, seperti cluster computing, grid computing, PC ataupun mainframe, memiliki OS yang berbeda satu sama lain karena memiliki sistem yang juga berbeda. Setiap OS tersebut di desain sesuai dengan kebutuhan dari sistem masing masing. Untuk Hypervisor sendiri, didesain lebih mirip OS untuk mainframe dari pada Windows OS. Hal ini dikarenakan sebuah hypervisor, harus bisa mengatur beberapa sistem sekaligus, layaknya sebuah host melayani beberapa client pada mainframe.

Pada cloud computing, bukan hanya satu sistem saja yang harus diatur.Maka dari itu digunakanlah sebuah Hypervisor sebagai OS dari cloud computing. Hypervisor bertugas untuk mengatur beberapa virtual machine ini sehingga nantinya sebuah cloud computing bisa berjalan dengan baik.



Pengertian Resource cluster

Resource cluster merupakan layanan yang definisikan diatas cluster. Layanan dapat berupa aplikasi atau berupa data yang berjalan diatas cluster



Pengertian Multi-device broker

Multi-device Broker adalah entitas yang mengelola penggunaan, kinerja, dan pengiriman layanan cloud, dan menegosiasikan hubungan antara penyedia cloud dan konsumen cloud. Seiring berkembangnya komputasi awan , integrasi layanan cloud mungkin terlalu kompleks untuk dikelola sendiri oleh konsumen cloud.



Pengertian State Management Database

Database yang Terintegrasi dengan Cloud Computing
Database (basis data) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan. Hubungan antardata dapat ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Database dapat bekerja karena adanya aplikasi yang bertugas untuk mengatur, menyimpan, memodifikasi data. Aplikasi itu disebut dengan software database engine dan lebih resminya disebut dengan DBMS (Database Management System).

0 komentar:

Posting Komentar