Jumat, 20 Maret 2020

Mengenal Apa Itu Hybrid Cloud Dan Studi Kasus Dari Hybrid Cloud

Apa Itu Hybrid Cloud
     Jika Private Cloud merupakan layanan cloud yang aman dimana hanya bisa diakses oleh satu organisasi dan melalui jaringan private. Sementara Public Cloud merupakan layanan cloud yang dapat diakses oleh banyak pengguna melalui jaringan publik. Sedangkan Hybrid Cloud merupakan layanan cloud yang mengintegrasikan baik Private Cloud dan juga Public Cloud untuk menghadirkan fungsi yang beragam pada organisasi yang sama.

     Semua layanan cloud computing seharusnya menawarkan efisiensi, tetapi Public Cloud yang paling efisien dalam hal biaya dan juga lebih terukur dibandingkan dengan Private Cloud. Organisasi atau perusahaan dapat memaksimalkan efisiensi mereka dengan menggunakan layanan Public Cloud untuk semua operasi yang tidak bersifat sensitif. Dan hanya mengandalkan Private Cloud dimana mereka membutuhkannya ketika menjalankan operasi yang bersifat sensitif, dan memastikan semua platform mereka diintergrasikan dengan mulus. Itulah Hybrid Cloud.

Model Hybrid Cloud dapat diimplementasikan dalam beberapa cara:

  • Memisahkan penyedia Cloud untuk menyediakan kedua layanan Private dan Public Cloud sebagai layanan terintegrasi.
  • Penyedia cloud individu menawarkan paket hybrid yang lengkap.
  • Organisasi yang mengelola Private Cloud mereka sendiri, dan juga berlangganan layanan Public Cloud , kemudian mereka mengintegrasikannya ke dalam infrastruktur mereka.

Contoh Studi Kasus

     Sekolah / Kampus yang ingin agar nilai para mahasiswa nya dapat di akses dimana saja (melalui internet), Tetapi para Murid / Mahasiswa hanya dapat mengakses dari sisi nilai saja, sedangkan hal lain - lain nya hanya Sekolah / Kampus tersebut yang dapat mengakses nya.

     Menurut saya pemodelan deployment cloud computing yang dapat diterapkan dalam perusahaan swasta tersebut adalah model Hybrid cloud yang merupakan penggabungan dari private cloud dan public cloud. Ini dapat memudahkan pengelolaan keamanan dan data. Data seperti NIK, NISN, Dll yang penting disimpan pada private cloud sehingga hanya Sekolah / Kampus tersebut saja yang dapat mengakses menggunakan jaringan private karena data data tersebut penting, sedangkan data seperti Nilai, Nama dll disimpan di public cloud sehingga para Murid / Mahasiswa dapat mengakses dan dapat melihat data / nilai mereka kapan dan dimana saja melalui internet.

0 komentar:

Posting Komentar